Berita

Memahami Apa Itu Smart Contract Dan Tokenisasi Dalam Blockchain

Dalam teknologi blockchain ada yang namanya istilah smart contract dan tokenisasi. Jika dibilang smart contract adalah bagian penting dari blockchain tentu benar, bisa dibilang blockchain sendiri hadir setelah smart contract diciptakan.

Maka dari itu antara blockchain dan juga smart contract punya keterkaitan. Pada artikel ini akan dijelaskan kedua istilah yang membuat anda lebih mudah memahami dalam belajar smart contract dan tokenisasi.

Pengertian Smart Contract

Seperti diketahui block Cen sendiri merupakan sebuah catatan untuk transaksi digital yang berdasarkan struktur. Di mana pada struktur tersebut ada yang namanya individu yang disebut sebagai blok dan dihubungkan dalam daftar yang disebut dengan rantai atau chain. Untuk pengertian dari smart contract sendiri merupakan perjanjian antara dua individu yang yang dituangkan dalam bentuk kode komputer.  Smart contract ada di jaringan blockchain jadi disimpan ke database publik dan sudah tidak bisa diubah lagi.

Menariknya dalam transaksi smartphone contract, tidak perlu adanya pihak ketiga sehingga transaksi bisa langsung dikirim secara otomatis. Transaksi ini akan terjadi jika kondisi perjanjian sudah terpenuhi. Pilihan untuk menggunakan blockchain dalam sebuah transaksi tentu sangat menguntungkan karena tidak harus membayar pihak ketiga lagi. Tidak heran lalu kemudian bagaimana penerapan Smart contract dalam fintech sudah banyak diterapkan di Indonesia.

Pengertian Tokenisasi

Ada smart contract Ada pula yang dinamakan tokenisasi. Tokenisasi adalah sebuah proses mengkonversikan sebuah aset menjadi sebuah token lalu disimpan dan juga direkam dalam blockchain. Tokenisasi sendiri menjadi istilah untuk konversi sebuah value dari objek. Token ini sendiri akan ditransfer dan dimanipulasi dalam sistem blockchain. Contoh paling mudah di masa sekarang adalah bitcoin. Bitcoin sendiri adalah representasi toko tokenisasi yang merupakan penggabungan dari kekuatan komputasi dan listrik menjadi sebuah alat pertukaran. Keuntungan memilih tokenisasi dalam blockchain, memudahkan transaksi untuk item yang sulit diperdagangkan sebelumnya. Melalui tokenisasi ini trading lebih mudah dilakukan sekarang tidak lagi membutuhkan media kertas. Tentu saja keamanannya lebih tinggi, lebih ih ih cepat dan juga akuntabilitas.

Demikian pembahasan seputar Smart contract dan juga tokenisasi. jadi tentu anda sekarang sudah tahu bahwa smart contract adalah punya kaitan yang erat dengan blockchain, begitu juga tokenisasi.