teknologi, tips dan trik

APA SIH KEUNTUNGAN BERGABUNG DENGAN PASAR DIGITAL UMKM?

Keuntungan bergabung dengan Pasar Digital UMKM pasti akan menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang, terutama masyarakat Indonesia yang juga pelaku UMKM. Mereka pasti bertanya-tanya apa perlunya Pasar Digital UMKM hadir di tengah corona seperti ini.

Justru Pasar Digital UMKM hadir karena kepedulian pemerintah terhadap UMKM. Pelaku UMKM saat ini banyak merasakan dampak negatif dari adanya wabah virus corona. Mereka mulai kesulitan mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan dan juga mulai merasakan penurunan permintaan dari pasar.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian BUMN melalukan inisiasi dengan menghadirkan Pasar Digital UMKM. Pasar Digital UMKM tentunya membutuhkan pembeli yang pasti, maka dari itu pemerintah menunjuk BUMN sebagai pembeli pasti dari setiap pengadaan barang dan jasa mereka.

BUMN memang mengalami kesulitan untuk melakukan pengadaaan barang dan jasa di tengah pandemi seperti ini. Terlebih munculnya regulasi dadakan yang melarang mereka untuk melakukan pertemuan tatap muka. Oleh karenanya pemerintah mendorong mereka untuk melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa secara online.

Perlu kalian ingat juga, transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN yang dilakukan di Pasar Digital UMKM memiliki batas nominal maksimal, yakni di angka Rp14 milliar. Untuk transaksi pengadaan barang dan jasa di atas Rp14 milliar masih tetap dilakukan dengan sistem tender. Terlebih lagi, per-Desember 2021 nanti, semua BUMN diwajibkan melakukan pengadaan barang dan jasa melalui PaDi UMKM dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan.

Dengan demikian, UMKM bisa bernafas sedikit lega karena bisa mendapatkan asupan dana dengan lahirnya Pasar Digital UMKM ini. Selain itu, Pasar Digital UMKM juga menjalani sistem B2C seperti marketplace lainnya. Bisa jadi, platform ini menjadi salah satu langkah yang membuka akses pasar kalian menjadi lebih luas.

Bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, banyak sekali tentunya keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bergabung dengan Pasar Digital UMKM.

  1. Apabila Anda sudah memiliki beberapa toko di beberapa marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada dan juga Shopee, Anda bisa mengelola produk dan transaksi terpusat melalui PaDi UMKM. Jadi dengan begitu, Anda bisa mengelola toko Anda dengan mudah.
  2. Dengan mendaftar di PaDi UMKM, usaha Anda akan otomatis tercatat sebagai daftar UMKM yang akan dimonitor secara langsung oleh Kementerian BUMN.
  3. Anda bisa mengintegrasikan data pelanggan Anda dari seluruh channel yang nantinya bisa Anda maksimalkan dengan fitur CRM yang tersedia.
  4. UMKM yang belum terdaftar sebagai supplier belanja barang dan jasa BUMN akan didukung untuk naik kelas sebagai UMKM yang bertugas menyediakan pengadaan barang dan jasa BUMN.

Bagi pelaku UMKM yang sudah pernah bertransaksi/menjadi suppiler pembelanjaan barang dan jasa dengan BUMN, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, seperti:

  1. Berpotensi mendapatkan transaksi dari BUMN dalam skala yang besar
  2. Berpotensi mendapatkan pinjaman dengan hanya mengajukan invoice
  3. Produk dapat dilihat oleh calon pembeli BUMN se-Indonesia

Jadi mengapa Anda harus ragu bergabung dengan Pasar Digital UMKM? Ayo gabung sekarang juga dengan Pasar Digital UMKM!