Gadget

Apa Itu Detektor Asap Cerdas dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Detektor asap pintar beroperasi seperti detektor asap tradisional: Mereka membunyikan alarm ketika asap atau api terdeteksi, memberikan peringatan sebanyak mungkin bagi penghuni untuk mengungsi jika terjadi kebakaran rumah. Setiap rumah memiliki detektor asap. Itu diwajibkan oleh hukum. Setiap daerah memiliki undang-undang tertentu tetapi umumnya, setiap kamar akan memiliki detektor asap di dalam atau di dekatnya. Mereka adalah bahan pokok di rumah mana pun dan kebanyakan orang hanya berinteraksi dengannya saat mereka membutuhkan baterai baru.

Detektor Asap Cerdas

Detektor asap pintar sedang menuju ke tempat kejadian, tetapi apa sebenarnya detektor asap pintar itu? Detektor asap pintar tidak jauh berbeda dengan detektor asap tradisional karena fungsi utamanya adalah untuk memperingatkan Anda saat mendeteksi api. Detektor asap pintar selangkah lebih maju dan mengingatkan Anda dengan pemberitahuan ke ponsel Anda, baik Anda di rumah atau tidak.

Keunggulan detektor asap pintar adalah kemampuannya mengirim pemberitahuan ke ponsel Anda saat alarm dipicu—bahkan jika Anda jauh dari rumah. Detektor asap pintar juga dapat memberi tahu Anda saat baterai hampir habis atau jika ada masalah dengan sensor di unit.

Apa itu Detektor Asap Cerdas?Detektor Asap Cerdas

Jika ada satu perangkat pintar untuk rumah Anda yang layak untuk diinvestasikan, itu adalah detektor asap pintar. Sementara jenis sensor yang digunakan (sensor terionisasi atau fotolistrik) sama untuk detektor asap tradisional dan pintar, di situlah kesamaan berakhir.

Detektor asap pintar menggabungkan fitur pengujian mandiri untuk memantau daya baterai dan fungsi sensor yang tepat dan mengirim pemberitahuan ke ponsel Anda jika ada masalah. Sebagian besar detektor asap pintar juga menggabungkan deteksi karbon monoksida.

Jika detektor asap pintar Anda terintegrasi dengan sistem otomatisasi rumah Anda, itu dapat memanfaatkan fitur dan sensor rumah pintar Anda untuk mendeteksi cahaya atau panas yang jauh lebih cepat.

Cara Kerja Detektor Asap Pintar

Cara termudah untuk memahami cara kerja detektor asap pintar adalah dengan menganggapnya sebagai detektor asap Wi-Fi. Saat alarm dipicu, detektor asap pintar menggunakan Wi-Fi atau teknologi komunikasi serupa untuk terhubung ke hub rumah pintar Anda (jika ada) dan aplikasi di ponsel cerdas Anda.

Jika Anda secara tidak sengaja membakar sekumpulan kue selai kacang dan memicu alarm palsu, Anda dapat menggunakan aplikasi telepon untuk membungkam alarm.

Jika Anda memiliki beberapa detektor asap pintar yang disinkronkan, semuanya akan membunyikan alarm meskipun hanya satu yang dipicu. Selain itu, pemberitahuan yang Anda terima dari hub rumah pintar Anda dapat membantu Anda menentukan alarm mana yang telah dipicu.

Jika Anda jauh dari rumah dan menerima pemberitahuan terkait, Anda dapat memberi tahu layanan darurat dengan cepat dan berpotensi menghindari kerusakan serius.

lihatlah pelindung sarang, detektor asap pintar terkemuka keluar sekarang. Ketika ada masalah, itu benar-benar akan berbicara dengan Anda dan memberi tahu Anda di mana masalahnya.

“Perhatian. Ada asap di (nama kamar). Alarm mungkin berbunyi.”

Peringatan Nest Head Up

Nest Sebenarnya memberi tahu Anda apa yang terjadi dan di mana masalahnya. Cukup keren, bukan?

Ada juga isyarat visual yang menyampaikan alarm dengan warna. Dengan Nest, peringatan menyala kuning dan darurat berkedip merah.

Masalah Daya dan Konektivitas Detektor Asap Cerdas

Detektor asap pintar memiliki solusi ketika listrik atau internet padam. Bahkan jika detektor asap pintar Anda terprogram ke dalam sistem kelistrikan Anda, sistem baterai cadangan harus mengambil alih selama pemadaman listrik.

Jika terjadi pemadaman internet, beberapa model smart smoke detector juga dapat menggunakan Bluetooth untuk berkomunikasi dengan ponsel Anda (jika Anda di rumah) atau dengan sistem smart home Anda saat alarm dipicu. Selama hub atau sistem rumah pintar Anda memiliki kemampuan koneksi seluler, dimungkinkan untuk menggunakan sinyal seluler standar untuk mengirim pemberitahuan kepada Anda dan layanan darurat.

Namun, tidak semua sistem otomatisasi rumah pintar memiliki konektivitas seluler dan beberapa opsi mungkin memerlukan perangkat tambahan dan mungkin biaya bulanan untuk koneksi seluler. Jika internet atau pemadaman listrik biasa terjadi di wilayah Anda, memilih opsi yang menawarkan konektivitas seluler memberikan ketenangan pikiran yang mungkin sepadan dengan biaya tambahannya.

Apa Itu Pendengar dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika Anda memiliki rumah yang cukup besar atau memiliki beberapa detektor asap untuk diganti, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam sebuah pendengar. Pendengar adalah perangkat yang dicolokkan ke stopkontak standar (dan termasuk baterai cadangan) yang mendengarkan alarm pendeteksi asap Anda. Jika alarm pendeteksi asap Anda berbunyi, perangkat pendengar dirancang untuk mengirim pemberitahuan ke aplikasi di ponsel Anda.

Kelemahan menggunakan pendengar adalah karena tidak benar-benar berkomunikasi dengan detektor asap, Anda tidak dapat membungkam alarm palsu. Anda juga kehilangan deteksi karbon monoksida, pemantauan mandiri masa pakai baterai, dan fitur fungsi sensor.

Namun, jika Anda harus mengganti detektor asap Anda dari waktu ke waktu dan bukan sekaligus, pendengar adalah cara cerdas untuk membuat Anda tetap diperbarui jika alarm asap tradisional di rumah Anda berbunyi.

Jenis Detektor Asap

Jika Anda tidak familiar dengan detektor asap secara umum, ada dua jenis utama deteksi kebakaran: Ionisasi dan fotolistrik. Kedua jenis ini mendeteksi kebakaran secara berbeda, tergantung pada bagaimana api dimulai.

Detektor asap ionisasi umumnya lebih responsif terhadap nyala api. Katakanlah Anda meninggalkan lilin untuk menutup tirai baru Anda dan itu membuat mereka terbakar. Ionisasi akan mengingatkan Anda akan bahaya ini dengan cepat.

Api yang menyala memancarkan partikel yang lebih kecil yang akan ditangkap oleh detektor asap ionisasi lebih cepat.

Detektor asap fotolistrik lebih responsif terhadap api yang membara. Katakanlah Anda seorang perokok dan salah satu rokok Anda yang menyala entah bagaimana menemukan jalannya ke sofa Anda. Bisa berjam-jam sebelum nyala api dihasilkan tetapi pada saat itu sofa akan menjadi kekacauan yang membara.

Api yang membara memancarkan partikel yang lebih besar sehingga detektor asap fotolistrik lebih baik dalam mengenali dan memperingatkannya.

Menentukan mana yang lebih baik hampir tidak mungkin. Kedua tipe tersebut melakukan alert to fire, masing-masing hanya memiliki kelebihan dibandingkan yang lain berdasarkan jenis apinya. Kecuali Anda memiliki bola kristal yang melihat masa depan, mengetahui apa yang diharapkan hanyalah permainan tebak-tebakan.

Detektor asap pintar akan melangkah lebih jauh dengan menambahkan sensor yang mengambil dari kedua metode pendeteksian ini. Misalnya, Nest menggunakan apa yang mereka sebut sensor spektrum terpisah. Sensor ini sangat bagus untuk menangkap api yang menyala-nyala dan api yang membara.

Sementara Nest telah menerapkan sensor asap sendiri, produk seperti Netatmo Smoke Alarm menggunakan apa yang mereka sebut sebagai sensor fotolistrik berkinerja tinggi.

Pesaing lain, burung, mempromosikan sensor yang juga mendeteksi api yang menyala dan juga api yang membara.

Apa Itu Baterai Cerdas dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Baterai pintar dibuat untuk bekerja dengan detektor asap tradisional dan muat di dalam wadah baterai standar. Perbedaannya dengan baterai pintar adalah mereka menyertakan kemampuan untuk mengirimi Anda pemberitahuan jika alarm dipicu atau jika daya baterai rendah.

Meskipun baterai pintar adalah pilihan yang paling murah, mereka cenderung tidak memiliki kemampuan untuk menguji sendiri atau berkomunikasi dengan detektor asap lain di rumah Anda.

Tempat Membeli Detektor Asap Cerdas

Detektor asap pintar tersedia di banyak perbaikan rumah, elektronik konsumen, dan pengecer online. Bahkan beberapa toko barang rumah tangga membawa detektor asap pintar.

Memasang Detektor Asap Cerdas

Jika Anda tidak yakin tentang apa pun saat memasang detektor asap pintar berkabel, yang terbaik adalah mendapatkan bantuan atau menyewa seseorang dengan pengetahuan listrik bersertifikat untuk memastikan pemasangan yang benar.

Pemasangan khas detektor asap pintar tergantung pada apakah mereka bertenaga baterai atau kabel. Detektor asap pintar bertenaga baterai adalah yang paling mudah dipasang, karena Anda dapat memasangnya di dinding atau langit-langit mana pun.

Jika Anda memasang lebih dari satu, sebaiknya masukkan baterai dan lakukan pengujian dan pemasangan sebelum memasangnya di dinding. (Untuk pengujian dan pemasangan, perangkat akan dilengkapi dengan petunjuk langkah demi langkah.)

Detektor asap pintar berkabel mengharuskan Anda mematikan daya ke rumah Anda di kotak pemutus arus sambil mengikuti petunjuk untuk menghubungkan detektor pintar Anda.

Beralih ke Detektor Asap Cerdas

Jika Anda ragu apakah detektor asap pintar layak untuk diinvestasikan, pertimbangkan poin-poin berikut:

  • Pakar keselamatan kebakaran merekomendasikan untuk mengganti detektor asap setidaknya setiap 10 tahun. Banyak rumah memiliki detektor asap yang berusia lebih dari 10 tahun, yang meningkatkan risiko kerusakan atau kegagalan sensor. Jika detektor asap Anda perlu diganti, fitur keamanan tambahan dari detektor asap pintar di atas detektor asap tradisional sepadan dengan perbedaan harganya.
  • Jika Anda memiliki sistem rumah pintar, menambahkan detektor asap pintar yang terintegrasi dengan sistem yang ada memberi Anda fungsionalitas tambahan yang tidak akan Anda dapatkan dengan detektor asap tradisional. Saat menjadi bagian dari rumah yang terhubung, Anda dapat mengatur sistem untuk menyalakan lampu (atau mengubah warna untuk bola lampu pintar berwarna), dan Anda juga dapat mematikan sistem HVAC dari ponsel selama kebakaran atau peristiwa karbon monoksida—fitur yang memicu ahli keamanan setuju dapat memberi Anda dan keluarga lebih banyak waktu untuk keluar dengan aman.
  • Kode bangunan yang diperbarui yang akan mulai berlaku dalam dekade berikutnya mengharuskan rumah dengan beberapa detektor asap untuk disinkronkan atau dihubungkan, baik melalui kabel atau melalui teknologi rumah pintar. Ini memastikan bahwa ketika satu alarm dipicu, semua alarm di rumah akan berbunyi. Memilih detektor asap pintar sekarang menempatkan Anda di depan kurva.

Apa yang harus dicari dalam detektor asap pintar?

Detektor Asap Cerdas tidak jauh berbeda dari detektor asap tradisional Anda. Dengan itu, ada beberapa fitur pintar yang ingin Anda perhatikan. Tidak hanya fitur pintar tetapi aspek fungsional yang cenderung diabaikan oleh sebagian besar dari kita.

  • Deteksi asap. Sensor ionisasi atau Fotolistrik atau mungkin kombinasi keduanya (lebih lanjut tentang ini di bagian jenis detektor asap). pastikan sensor detektor baru Anda akurat dan dapat diandalkan.
  • deteksi CO2. Setiap detektor asap hari ini harus memiliki sensor CO2. Saya belum dapat menemukan yang pintar yang tidak, jadi kemungkinan besar Anda akan terlindungi.
  • Pemberitahuan. Apa pun detektor asap pintar yang Anda pilih, Anda akan menerima pemberitahuan jika ada yang tidak beres. Tapi bagaimana ia berkomunikasi dengan Anda ketika Anda berada di rumah. Sirene? Apakah itu berbicara? Bisakah itu mengidentifikasi masalah potensial, seperti Sarang, dan memperingatkan Anda? Semua hal untuk dipikirkan.
  • Kompatibilitas rumah pintar. pastikan perangkat yang Anda pilih cocok dengan ekosistem rumah pintar Anda.
  • Kualitas udara. Beberapa detektor asap pintar dapat memantau kualitas udara, atau dalam kasus Netatmo, dipasangkan dengan monitor kualitas udara eksternal.
  • interkonektivitas. Ingin perangkat Anda bekerja bersama secara harmonis? Check in untuk melihat apa yang cocok dengan tempat. Saya tahu Nest Protect cocok dengan ekosistem Nests dan berfungsi bersama dengan produk Nest lainnya.
  • Perusahaan. Pastikan perusahaan yang memproduksi detektor asap pintar Anda akan ada untuk sementara waktu. Birdi, sebuah perusahaan pendeteksi asap pintar gulung tikar pada dasarnya membuat semua produk mereka menjadi “bodoh”.