Gadget

Apa Itu dan Bagaimana Mencegah dan Menghilangkannya

Lindungi PC Anda dari ancaman jahat – Virus Zeus

Apakah Anda salah mengeklik tautan yang mencurigakan atau mengunduh file yang seharusnya tidak Anda buka? Keduanya adalah cara utama untuk menangkap virus jahat di komputer Anda. Salah satu Trojan yang sangat jahat adalah virus malware Zeus atau The Zeus Virus.

Virus Zeus

Varian utama Zeus hanya menginfeksi PC berbasis Windows, meski ada varian baru yang juga menyerang smartphone berbasis Android.

Apa Itu Virus Zeus?

Zeus Virus dirancang untuk mencuri informasi rahasia dari komputer Anda. Ini mencoba mengumpulkan informasi perbankan atau detail keuangan seperti nomor rekening, kata sandi, dan nomor kartu kredit.

Zeus Virus adalah paket malware Trojan yang secara khusus menargetkan Microsoft Windows. Jenis malware Trojan menyesatkan pengguna dari maksud sebenarnya, seperti kuda senama. Zeus membuat entri raja pada tahun 2007 menyerang kedua rumah perusahaan atas dan lembaga pemerintah AS dengan satu gerakan.

Sejak itu, itu telah menjadi salah satu botnet paling merusak di dunia, sehingga mempopulerkan moniker Zbot. Di antara serangannya yang terkenal adalah pencurian $70 juta dari rekening bank yang diretas yang menyebabkan FBI turun tangan. Yang lebih mengkhawatirkan adalah ia telah mereproduksi ratusan varian mal yang didasarkan pada kodenya. Meskipun pakar keamanan siber menghela napas lega ketika penciptanya konon “pensiun,” mafia malware Zeus tetap hidup.

Seperti virus apa pun, semakin lama virus itu bertahan, semakin buruk kerusakannya.

Bagaimana Zeus Bekerja?

Zeus disebut sebagai malware serta Trojan. Trojan secara efektif adalah perangkat lunak berbahaya yang mungkin Anda unduh secara tidak sengaja, mengira Anda sedang mengunduh sesuatu yang aman.

Vektor utama Zeus adalah spam email, rekayasa sosial berbahaya, dan dengan memasukkan dirinya ke dalam unduhan produk yang sah, juga dikenal sebagai unduhan drive-by.

Setelah di mesin korban, Zeus Virus membuat “pintu belakang” tersembunyi di komputer. Malware backdoor sangat berbahaya karena memungkinkan penyerang memiliki akses penuh dan kontrol penuh atas mesin, dan akibatnya titik masuk ke jaringan perusahaan. Zeus kemudian mulai mencuri data korban termasuk detail pribadi, login aplikasi, dan informasi perbankan. Atau, avatarnya Zbot memasukkan mesin yang terinfeksi ke dalam botnet — jaringan mesin lain yang disusupi yang dikendalikan oleh peretas utama. Hal ini dapat menyebabkan serangan skala luas yang menghancurkan yang menginfeksi seluruh jaringan organisasi.

Tujuan dari perangkat lunak tersebut adalah untuk memeras atau mencuri uang dari Anda melalui cara-cara jahat. Tidak seperti virus, mereka tidak dirancang untuk menyebar ke komputer lain, tetapi untuk mencuri dari sumber langsung. Mereka juga dapat mengunduh malware dan virus lain, yang memperburuk masalah Anda.

Dalam beberapa kasus, Zeus dapat mengunduh ransomware yang mengenkripsi file Anda dan meminta uang sebagai imbalan untuk membukanya.

Anda harus menghapus ancaman tersebut sesegera mungkin agar masalah tidak bertambah parah.

Bagaimana Saya Tahu Saya Memiliki Virus Zeus?

Biasanya, Zeus membanjiri komputer Anda dengan menginstal program jahat baru di latar belakang. Hal ini menyebabkan banyak crash dan Blue Screen of Death.

Ini juga dapat menyebabkan peningkatan jumlah iklan pop-up dan tautan sponsor yang dapat mengganggu penjelajahan Anda. Firewall Anda mungkin juga berhenti berjalan tanpa alasan yang jelas.

Zeus di smartphone Android menyebabkan gangguan serupa.

Seringkali sulit untuk mengetahui secara pasti virus atau Trojan mana yang Anda derita, oleh karena itu penting untuk menjalankan pemindaian perangkat lunak antivirus biasa atau menggunakan perangkat lunak pendeteksi malware.

Bagaimana Saya Mendapatkan Virus Zeus?

Ada banyak cara Anda bisa mendapatkan Trojan Zeus. Berikut ini beberapa cara yang paling umum.

  • Mengunduh program atau aplikasi dari sumber yang tidak dapat diandalkan seperti web gelap atau file torrent.
  • Mengunduh perangkat lunak gratis dari situs web yang tidak dikenal.
  • Mengklik tautan yang terinfeksi dalam email phishing.
  • Mengklik iklan pop-up situs web.

Bagaimana Saya Menyingkirkan Virus Zeus?Virus Zeus

Cara paling sederhana untuk menyingkirkan malware Zeus adalah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus serta alat penghapus malware.

Perangkat lunak antivirus Anda dapat memakan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan prosesnya, tergantung pada komputer Anda, tetapi biasanya akan menawarkan opsi tentang cara terbaik untuk menghapus file berbahaya.

Malware (juga dikenal sebagai spyware) juga dapat dihapus melalui alat penghapus malware. Ada banyak perangkat lunak yang berbeda di luar sana tetapi masing-masing memiliki tujuan yang sama — membuatnya mudah untuk mendeteksi malware dan menghapusnya sebelum menyebabkan masalah bagi Anda.

Sama seperti perangkat lunak antivirus, proses pemindaian malware dapat memakan waktu beberapa jam tergantung pada ukuran hard drive PC Anda.

Anda juga dapat menggunakan Pemulihan Sistem untuk kembali ke titik sebelumnya pada sistem Anda sebelum Anda terinfeksi virus. Pastikan Anda memilih waktu ketika Anda tahu Anda tidak memiliki virus di PC Anda.

Sebagai upaya terakhir, Anda juga dapat memformat ulang dan menginstal ulang komputer Anda. Ini adalah jaminan terbaik bahwa Anda telah benar-benar menghapus file yang terinfeksi, tetapi dapat memakan waktu lama untuk melakukannya dan membutuhkan sejumlah pengetahuan untuk mengetahui cara mengatur komputer Anda dengan benar.

Jika Anda memutuskan untuk menghapus dan menginstal ulang sistem operasi Anda sepenuhnya, semua file yang tidak dicadangkan akan hilang. Namun, ini adalah masalah Catch-22, karena file cadangan mungkin sudah terinfeksi Trojan dan dapat menginfeksi kembali sistem Anda saat Anda memulihkan cadangan.

Kiat untuk melindungi organisasi Anda dari Zeus Malware

  • Perkuat Otentikasi: Sebagian besar serangan malware adalah hasil dari kredensial yang disusupi dan lemah. Otentikasi Dua Faktor atau Multi-Factor Authentication (MFA) adalah penjaga gerbang yang sangat baik, yang mencegah akses aplikasi yang tidak sah. Pastikan semua aplikasi Anda, termasuk aplikasi pihak ketiga, mendukung dan mengimplementasikannya.
  • Buat Kebijakan Anti-Phishing – Office 365 menyertakan fitur bawaan yang melindungi pengguna Anda dari serangan phishing. Manfaatkan alat manajemen ancaman di Office 365 untuk menyiapkan kebijakan anti-phishing dan meningkatkan status perlindungan Anda. Anda bahkan dapat membuat kebijakan khusus untuk pengguna, grup, atau domain tertentu.
  • Pelatihan Keamanan Siber: Phishing dan rekayasa sosial adalah vektor utama Zeus, seperti halnya dengan sebagian besar jenis malware. Oleh karena itu, praktik terbaik pencegahan malware yang penting adalah melakukan pelatihan keamanan siber di seluruh organisasi secara teratur. Mendidik rekan kerja tentang dasar-dasar kebersihan keamanan yang baik, seperti memeriksa ID email pengirim, dan menghindari mengunduh lampiran atau mengklik URL dari sumber yang tidak dikenal dan memperingatkan dukungan tentang email dengan konten yang mencurigakan.
  • Pelindung Biasa: Periksa apakah solusi anti-virus Anda diperbarui secara otomatis, dan Anda memiliki firewall yang kuat dan alat pemantauan jaringan.

Serangan malware sedang meningkat. Pastikan bahwa bisnis, kolega, atau pelanggan Anda tidak mendapatkan tebusan dari mereka, dengan mencadangkan data Anda secara aman. Spanning Backup menyediakan solusi pencadangan dan pemulihan SaaS berperingkat teratas untuk Office 365, Google Workspace, dan Salesforce. Dengan pencadangan data real-time yang akurat dan akurat dari Spanning, Anda dapat secara drastis membatasi kerusakan akibat serangan malware, dan memastikan kelangsungan bisnis dengan memulihkan data yang hilang atau rusak dengan cepat hanya dengan beberapa klik.

Bagaimana Saya Dapat Menghindari Virus Zeus Lagi?

Beberapa langkah kunci akan menurunkan kemungkinan Anda terinfeksi ulang dengan Zeus (atau virus lainnya). Berikut adalah melihat metode terbaik.

  • Perbarui PC Anda. Microsoft sering merilis pembaruan keamanan untuk komputer Anda. Selalu tetap di atas ini. Mereka sering menjadi pertahanan pertama Anda dari ancaman virus.
  • Perbarui perangkat lunak antivirus dan perlindungan malware Anda. Demikian pula, perbarui perangkat lunak antivirus dan perlindungan malware Anda. Definisi virus baru dirilis secara teratur dan ini membuat PC Anda tetap mendapat informasi tentang apa yang harus dicari dengan ancaman berbasis virus dan malware baru.
  • Pindai sistem Anda secara teratur. Dengan perangkat lunak yang diinstal, Anda tidak boleh terinfeksi apa pun, tetapi sebaiknya jalankan pemindaian sistem secara teratur untuk memeriksa ulang bahwa tidak ada yang berhasil.
  • Hati-hati saat online. Jangan mengeklik tautan yang tidak Anda kenal, dan hanya unduh file dari situs yang Anda yakini. Jangan pernah mengklik iklan pop-up. Jika Anda melihat pop-up yang memperingatkan virus atau ancaman, pastikan itu benar-benar berasal dari perangkat lunak antivirus Anda dan bukan dari situs web yang Anda jelajahi. Jika ragu – jangan klik.